Pages

Rabu, 20 November 2013

SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan       : SMA/MA
Kelas                               : XII
Kompetensi Inti          
KI 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
 
I. Kompetensi Dasar
1.1         Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2   Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2   Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
 
Kompetensi Dasar (KD)
Materi Pokok

Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif. Struktur, tata nama, sifat, penggunaan dan penggolongan Polimer 

Mengamati (Observing): 
·      Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang jenis monomer, jenis reaksi pembentukannya, polimer  dalam kehidupan sehari-hari  dll.
Menanya (Questioning)
·     Menyusun pertanyaan bagaimana cara polimer terbentuk.
·     Apa dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan
·     Mengapa plastik sukar dibiodegradasi
Mengumpulkan data (Experimenting)
·      Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama polimer
·      Mengumpulkan data pembentukan polimerisasi  adisi  dan polimerisasi  kondensasi  dari literatur.
·      Mengumpulkan data tentang dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulangannya.
Mengasosiasi (Associating)
·     Menghubungkan  nama monomer, jenis polimerisasinya,  nama polimer yang terbentuk, sifat-sifat dan kegunaannya dalam kehidupan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Menyampaikan secara tertulis dan mempresentasikan dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulangannya.
Tugas                                
·     Menulis tentang“Dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulanganya

Observasi
-

Portofolio
·     Mengumpulkan data tentang penggunaan plastik dan dampaknya  dalam kehidupan, serta usaha penanggulangan.

Tes tertulis
Pemahaman tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan  dan penggolongan Polimer        
1 mgg x 4 jp
·  Buku Kimia Kelas XII
·  CD Kimia Karbon
·  Situs kimia tentang Kimia Karbon
1.2      Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
1.2   Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2   Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3   Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

Struktur, tata nama, sifat, penggolongan, dan kegunaan karbohidrat                              

Mengamati (Observing): 
·       Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tata nama, sifat, penggolongan, dan kegunaan karbohidrat (monosakarida, disakarida, dan polisakarida).
Menanya (Questioning)
·     Menyusun pertanyaan  tentang bagaimana struktur disakarida dan polisakarida dan bagaimana hidrolisis polisakarida.
·     Apakah gula sintetis termasuk karbohidrat
·      Apa yang menyebabkan penyakit diabetes (gula darah tinggi) dan bagaimana mengidentifikasinya
Mengumpulkan data (Experimenting)
·     Mendiskusikan rumus struktur, penggolongan dan isomer senyawa karbohidrat
·     Merancang, kemudian melakukan percobaan uji glukosa, selulosa dan amilum.
·     Mendiskusikan kegunaan senyawa karbohidrat
Mengasosiasi (Associating)
·     Mengolah data  dan menyimpulkan hasil percobaan.
·      Menghubungkan  hasil percobaan uji glukosa, selulosa dan amilum dengan konsep reaksi hidrolisis polisakarida
Mengkomunikasikan (Communicating)
Mengkomunikasikan  secara tertulis (membuat  laporan tertulis)  atau lisan tentang hasil percobaan uji glukosa, selulosa dan amilum.
Tugas:
Membuat peta konsep tentang karbohidrat
Merancang percobaan uji karbohidrat
Observasi
Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan uji glukosa, selulosa, dan amilum
Portofolio
·     Peta konsep
·     Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
·   Pemahaman tenatang struktur, sifat, dan penggolangan karbohidrat  
1 mgg x 4 jp
·  Buku Kimia Kelas XII
·  CD Kimia Karbon
·  Situs kimia tentang Kimia Karbon
·  Aplikasi Kimia
e
 

0 komentar:

Posting Komentar